Kamis, 23 September 2010

Peluang dan Prospek Bisnis Pembibitan Belut




Salah satu komoditas yang saat ini banyak diminati serta mempunyai peluang dan prospek sangat bagus adalah bisnis di bidang budidaya  belut.  Jumlah  permintaan,  baik  pasar  lokal  maupun  pasar  luar negeri, terus meningkat. Di sisi lain, harga belut terus meroket karena semakin menurunnya jumlah belut yang dapat disediakan oleh alam. 
Budi daya belut memang sangat mudah bagi sebagian orang yang telah menguasai seluk-beluk tekniknya. Namun, budi daya belut bukan tanpa kendala. Salah satu kendala yang dialami pembudidaya belut adalah minimnya persediaan bibit. Bibit belut yang beredar di pasaran, masih  mengandalkan  benih  hasil  tangkapan  alam  yang  jumlahnya terbatas, bersifat musiman, serta tidak dapat menjamin secara kualitas dan kontinuitas. 
Kebutuhan  bibit  belut  tentu  seiring  dengan  kebutuhan  belut konsumsi.  Bahkan,  terasa  lebih  banyak  lagi  setelah  ditemukannya terobosan baru dalam bidang budi daya belut, yakni pembesaran di air bening tanpa lumpur. Budi daya pembesaran belut di air bening tanpa lumpur  yang  juga  penulis  kembangkan,  memungkinkan  dilakukan secara padat dalam wadah yang relative kecil tetapi  mampu menampung bibit  belut  hingga  50  kg/m2.  Namun,  mempunyai  kelemahan,  yaitu menutup  kemungkinan  terjadinya perkembangbiakan.  Hal  tersebut tentu  akan  membutuhkan  pasokan  bibit  belut  yang  semakin  besar, sementara bibit belut hasil tangkapan alam semakin langka.
Kelangkaan bibit belut menyebabkan meroketnya harga bibit belut sehingga  sering  membuat  para  pembudidaya  belut,  terutama  para pemula,  merasa  frustasi  untuk  memulai  usaha,  padahal  iming-iming peluang bisnis di bidang budi daya belut sangat menggiurkan.
Penulis yang merupakan praktisi di bidang usaha budi daya belut dalam beberapa tahun terakhir,  juga merasakan hal yang sama ketika pada awal-awal melakukan usaha tersebut. Hal ini akhirnya memunculkan inspirasi  untuk  melakukan  penelitian  dan  percobaan  sendiri  dalam pengadaan  bibit  belut.  Dari  hasil  penelitian  dan  percobaan  yang telah penulis lakukan, banyak pengalaman yang diperoleh dan sangat bermanfaat  untuk  ditularkan  kepada  masyarakat  umum.  Untuk  itu, penulis memberanikan diri menyusun buku pembibitan belut dengan harapan dapat berguna bagi penulis sendiri, para pembaca umumnya, serta khususnya pada masyarakat yang jeli melihat peluang usaha budi daya belut yang makin terbuka.

 

Tidak ada komentar: