Rabu, 01 Agustus 2012

Tongseng Belut??? Wuiihhh......

Tongseng adalah salah satu jenis masakan yang sangat populer pada masyarakat jawa. Masakan yang diadopsi dari masakan china tersebut bahan utamanya adalah daging kambing. Rasanya yang khas dengan kuah bumbu gule, dengan tambahan irisan kol, tomat dan cabe rawit tersebut memang sangat nikmat dan berani.... Tapi walaupun nikmat, bagi penderita hipertensi dan orang-orang yang telah berumur, mengkonsumsi daging kambing sangat berisiko, karena kandungan kolesterol jahat yang ada pada daging kambing sangat tinggi. Maka banyak para penikmat tongseng mencari alternatif daging lain sebagai pengganti daging kambing, seperti daging sapi atau ayam. Daging sapi, rasanya tidak terlalu jauh dari daging kambing, tapi kandungan kolesterol jahatnya hampir sama dengan daging kambing. Yang membedakan hanyalah mitos dan sugesti yang melingkupi daging kambing. Sedangkan daging ayam, rasa tongsengnya tidak selezat kalau menggunakan daging kambing. Bagaimana kalau meggunakan daging belut???? Pasti sensasi rasanya sulit dibayangkan. Daging belut (monopterus albus/synbrancus) banyak mengandung protein yang setara dengan daging kambing dan sapi. Namun kolesterol daging belut merupakan kolesterol yang baik, yang justru dapat menurunkan kolesterol dalam darah orang yang mengkonsumsinya. Rasa daging belut yang sudah gurih, tentu dapat meningkatkan cita-rasa tongseng justru menjadikan tongseng memiliki rasa yang sangat unik.
Sulistiana, seorang ibu rumah tangga yang bergelut dalam usaha pengolahan belut telah mencoba meramu tongseng dengan bahan baku daging belut tersebut dan ternyata rasanya sangat istimewa. Bahkan banyak tamunya dari Jepang telah merasakan lezatnya tongseng masakan ibu dari 3 orang putri tersebut. Dan sangat luar biasa, saat ini tamu-tamu dari Jepang tersebut banyak memesan tongseng belut yang dikemas dalam kemasan plastik standing pouch dan mengirimkannya ke Jepang, Malaysia dan Thailand. Dan bahkan ada beberapa buyer Jepang saat ini sedang melakukan penjajagan  untuk mengalengkan tongseng belut buatan Sulistiana tersebut untuk pasar Jepang yang memang konsumen belut terbesar di dunia.

Ingin mencoba tongseng belut buatan ibu Sulistiana? silakan anda pesan langsung ke beliau di Desa Cipambuan RT 03/03 no. 45 Kec. Babakan Madang Kab. Bogor, HP 085289923232.

Tidak ada komentar: