Sabtu, 13 Agustus 2011

BAKSO BELUT

Belut memang bergizi tinggi, lengkap dan seimbang, sehingga sangat baik utuk dikosumsi, baik oleh pria maupun wanita. Baik oleh bayi maupun orang dewasa, bahkan kaum manula. Namun masalahnya, tidak semua orang siap untuk mengkonsumsi belut karena bentuknya yang bulat panjat seperti ular. Selain perasaan ngeri melihat bentuknya, juga ada rasa jijik karena belut terkenal banyak berlendir.

Olahan belut yag paling populer ya, keripik belut... Namun tahukah anda jika banyak zat gizi yang telah hilang karena pengolahan menjadi keripik? Ada beberapa cara mengolah belut menjadi makanan yang nkmat, lezat tanpa harus kehilangan zat gizi belut, dan yang pasti.... rasa ngeri dan jijik karena bentuk belut yang bulat panjang seperti ular namun berlendir tidak akan dijumpai lagi. Salah satunya adalah mengolah belut menjadi bakso belut.


Bakso belut selain mengubah penampilan belut, juga mengubahnya menjadi santapan yang banyak disukai, baik kalangan anak-anak maupu orag dewasa. Bagaimana cara membuat bakso belut? Berikut cara membuatnya:

Resep dasar:
Bahan :
300 gr belt segar; 1 siung bawang putih, potong tipis, goreng garing, remas; sdt garam; sdt merica bubuk; 4 sdm tepung kanji

1. Bersihkan belut, pisahkan dari tulangnya, cincang atau blender
2. Tambahkan bawang putih, garam dan merica, remas-remas sampai tercampur rata. Masukkan tepung kanji, aduk atau uleni sampai tercampur rata
3. Bentuk adonan menjadi bulatan dengan menggunakan 2 sendok. Rebus dalam air mendidih sampai bakso mengapung, angkat, tiriskan

Bahan-bahan untuk kuah bakso:
air secukupnya (air kaldu dari rebusan tulang sapi)
1 sdm ebi (udang kering)
1 sdt lada
2 siung bawang putih
bumbu penyedap secukupnya
garam secukupnya.

Cara membuat kuah bakso :
semua bahan dihaluskan kemudian ditumis dengan sedikit minyak hingga harum lalu masukkan kedalam air atau kaldu sapi yang sudah mendidih tadi dan masukkan bakso.
Setelah itu siapkan mangkuk serta mie kuning,soun atau bihun, sawi hijau dan masukkan kuah beserta baksonya, jangan lupa tambahkan saos,kecap dan sambal.

Cara membuat sambal bakso:
cabai merah giling
minyak goreng (minyak kelapa)
garam secukupnya
bumbu penyedap


Tidak ada komentar: